Ayoo ngeGame (Bag. 2)
oleh
Rosipah, S.Pd
oleh
Rosipah, S.Pd
Alhamdulillah hari ini kita menginjak di hari ke sembilan di bulan
Ramadhan. Semoga kita semua selalu ada dalam lindungan-Nya, aamiin ya Allah ya
rabbal’aalamiin. Melanjutkan tentang ayoo belajar ngegame. Setelah materi untuk
game disiapkan, sekarang kita menentukan konsepnya, dari mulai memberikan
materi sampai membuat kuis sebagai gamenya. Gamenya itu sendiri bisa dalam
bentuk kuis pilihan ganda atau jawaban singkat. Hal ini terserah ibu dan bapak
guru yang akan melaksanakannya. Gambar di bawah ini struktur menu dimana kita
akan melaksanakan pembelajaran.
Berikutnya ini adalah tampilan menunya ada backgroud, tombol
materi, tombol game dan tombol exit.
Selajutnya adalah
tampilan halaman materi. Disini kita menentukan materi dan bagian-bagiannya. Di
halaman ini juga selain tomol materi ada juga tombol home, forward dan next.
Setelah kita memberikan materi, akhirnya tibalah pada game yang
akan kita berika ke peserta didik. Berikut ini tampilan konsepnya. Angka 1 yang
berwarna merah itu adalah tombol tebakannya, sedangkan angka dua berwarna itu
itu adalah nilai/reward ataupun pengurangan nilai. Angka 1-20 itu sebagai nomor
tebakan. Dan nomor 3 merah dipojok kanan adalah tombol home atau kembali
keawal.
Ini tampilan game kuisnya dalam bentuk pilihan ganda. Tentu tidak
asing lagi bagi ibu dan bapak guru.
Sedangkan
yang terakhir berikut ini tampilan game kuisnya dalam bentuk jawaban singkat.
Ini untuk tampilan jebakan, misalnya ketika anak memilih suatu nomor
yang keluar bukan pertanyaan melainkan pengurangan nilai. Sekali lagi disini tujuannya
supaya anak senang mengikuti pembelajaran.
Terakhir tampilan mendapatka reward atau bonus. Ketika seorang
siswa memilih angka secara otomatis dia mendapatkan nilai.
Untuk lebih mudah memahaminya, saya mencoba membuat beberapa video. Mudah-mudahan bermanfaat.
Video 1
Video 2
Video 3
Video 4
Stay at home, work from home, and keep spirit. Tunggu kelanjutannya. See you!
Ke tulisan: Ayoo ngeGame (Bag. 1)
Post a Comment